12/03/2013

Membuat Project Baru di Visual Basic

   Untuk memulai membuat program dengan aplikasi Visual Basic 6.0, yang harus dilakukan adalah membuat project baru. Project adalah sekumpulan Form, modul, fungsi data dan laporan yang digunakan dalam suatu aplikasi.
   Untuk membuat project baru caranya adalah buka aplikasi Visual Basic 6.0 melalui tombol  Start > Programs > Microsoft Visual Studio 6.0> Microsoft Visual Basic 6.0. Maka akan Tampil jendela New Project sebagai berikut:

Jendela New Project VB 6

Ada banyak jenis Project yang disediakan di Visual Basic 6.0, Tapi hanya beberapa yang sering digunakan diantaranya:
  1. Standard EXE.
  2. Project ini mungkin adalah yang paling sering digunakan dalam pembuatan aplikasi di Visual Basic 6.0 terutama untuk Pemula.
  3. ActiveX EXE.
  4. Berisi komponen-komponen untuk berinteraksi dengan semua aplikasi di sistem operasi Windows.
  5. ActiveX DLL.
  6. Project ini menghasilkan sebuah aplikasi library yang selanjutnya dapat digunakan oleh semua aplikasi disitem operasi Windows.
  7. ActiveX Control.
  8. Project ini mengahasilnya komponen-komponen baru untuk aplikasi Visual Basic yang lain.
  9. VB Aplication Wizard.
  10. Project in memandu pengguna untuk membuat aplikasi secara mudah tanpa harus pusing-pusing dengan perintah pemrograman.
  11. Addin.
  12. Project ini hampir sama dengan Standard EXE dengan tambahan komponen yang memungkinkan pengguna untuk lebih bebas berkreasi.
  13. Data Project.
  14. Project ini melengkapi komponennya dengan komponen-komponen database, sehingga bisa dikatakan program ini disediakan untuk keperluan pembuatan aplikasi database.
  15. DHTML Aplication.
  16. Project ini digunakan untuk membuat aplikasi internet pada sisi client (client side) dengan fungsi-fungsi DHTML.
  17. IIS Aplication.
  18. Project ini menghasilkan aplikasi internet pada sisi server(server side) dengan komponen-komponen CGI (Common Gateway Interface).
   Selanjutnya Pilih Project Standara EXE dan klik tombol Open. Maka akan tampil  Project Standard EXE yang berisi Form untuk mendesain program yang ingin kita buat. Penjelasan mengenai Form akan dibahas pada postingan selanjutnya.

Tampilan Project Standard EXE

   Untuk menyimpan Project caranya klik File > Save Project As. Maka akan tampil jendela Save File As, Pada Save in kita bisa menentukan dimana lokasi penyimpanannya, Pada File Name kita bisa memberi nama project dan Form maupun komponen lainnya yang kita buat. Selanjutnya klik Save.
   Untuk Membuka Project yang kita simpan caranya adalah klik File > Open Project sedangkan jika ingin membuat Project baru kilk File > New project.

Begitulah cara membuat project baru di Visual Basic 6.0, Semoga Bermanfaat...
Comments


EmoticonEmoticon