12/13/2013

Menghubungkan Form1 dengan Form2

   Untuk postingan kali ini saya akan berbagi tips dan trik Visual Basic 6.0 yang sangat-sangat sederhana, yakni menghubungkan Form1 dengan Form2. Meski begitu tips ini mungkin nantinya akan sering digunakan contohnya untuk membuat Form Login.
   Biasanya ketika membuat aplikasi atau program yang berhubungan dengan database pasti yang pertama muncul adalah Form Login dan ketika Login sukses maka Form Menu akan ditampilkan. Secara sederhana bisa dikatakan Form Login sebagai Form1dan Form Menu Utama sebagai Form2.
   Langsung saja kita mulai, Buat Project Baru dengan memilih Standard EXE, pada Form1 masukkan 1 buah Command Button. Sekarang tambahkan lagi 1 buah Form yakni Form2 dengan cara klik menu Project -> Add Form -> Pilih Form -> Open.

menghubungkan Form1 dengan Form2

Sekarang sudah ada 2 Form dan 1 buah Command Button, Ubah dulu Properties Visible Form2 menjadi False supaya nanti ketika Aplikasi dijalankan Form2 tidak akan langsung ikut terbuka. Selanjutnya tinggal memasukkan script agar ketika Command Button di klik maka Form 2 akan ditampilkan. Klik kanan pada Form1 dan pilih View Code untuk membuka jendela code. kemudian masukkan script kode berikut ini:
Private Sub Command1_Click()
Form2.Show
'Menampilkan Form2 ketika Command Button diklik.
Unload Me
'Menutup Form1 ketika Form2 terbuka
End Sub

Sekarang tinggal diuji tekan F5 atau klik menu Run -> Start. Coba klik Command Button maka Form2 akan ditampilkan. Mudah bukan cara menghubungkan Form1 dengan Form2, Semoga Bermanfaat....
Comments


EmoticonEmoticon